BLANTERWISDOM101

Sunrise di Borobudur, Indonesia

Sabtu, 11 Mei 2019
foto: https://www.wanderlustchloe.com/
Sebuah bulan sabit bulan tergantung di langit yang dikelilingi oleh bintang-bintang kecil yang berkilauan. Udara segar dan tenang. Itu sangat tenang. Satu-satunya lampu lain di sekitar? Lampu obor berkedut bergerak dari langkah ke langkah. Ini adalah awal matahari terbit di Borobudur, dan yang bisa kami lakukan sekarang hanyalah menemukan tempat dan menunggu.

Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia, dan objek wisata paling banyak dikunjungi di Indonesia. Terletak di pulau Jawa, candi ini dibangun pada abad ke-9, sebelum ditinggalkan pada abad ke-14 karena penduduknya memeluk agama Islam. Dilindungi oleh UNESCO, itu dipulihkan pada 1970-an dan kemudian dibuka untuk umum (sementara masih digunakan untuk ziarah agama).

baca juga: Siap Menjelajah Raja Ampat, Indonesia?

Warna langit mulai berubah, seolah-olah seorang seniman melukis dan mengecat ulang saat detik-detik berlalu. Mulai dari warna biru yang kaya menjadi ungu, menjadi merah muda, menjadi oranye, dan kemudian menetap di atas naungan emas yang mewah. Bola-bola matahari mengintip dari balik para Buddha dan mulai menerangi detail-detail pada batu.


foto: https://www.wanderlustchloe.com/
Tetapi kemudian saya melihat sekeliling dan menyadari bahwa sebagian dari keindahan itu tidak ada di kuil itu sendiri, tetapi terletak di bawahnya. Wilayah ini ditutupi oleh hutan lebat dan dikelilingi oleh gunung berapi, termasuk Gunung Merapi yang merokok - salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Segumpal kabut tebal menggantung di atas hutan, dengan mudah menyerap sinar matahari yang mengilap. 

Saya tidak akan berpura-pura sendirian. Borobudur adalah objek wisata yang paling banyak dikunjungi di negara ini, tetapi itu tidak dibanjiri saat matahari terbit (seperti yang saya bayangkan bisa saja terjadi nanti). Mereka yang memulai lebih awal adalah orang-orang terhormat dan sangat sepi. Saya kira itu salah satu momen yang ingin Anda ingat dan ingat selamanya. Tidak ada gangguan.

baca juga: Mau Ke Bali? Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Saat cahaya muncul, penampilan langit berubah berkali-kali, dan tepat ketika saya pikir saya mengambil foto yang sempurna, rasanya seperti pemandangan menjadi lebih baik dan lebih baik! Setelah matahari terbit, sangat indah untuk berkeliaran di sekitar kuil dan mengambil detail yang lebih kecil. Simbol hiasan, lengkungan yang menjulang tinggi, dan ratusan stupa, besar dan kecil - itu gila untuk berpikir berapa lama itu dibuat.


foto: medium.com
Sementara mengunjungi Borobudur di siang hari masih akan menjadi pengalaman yang menakjubkan, matahari terbit benar-benar memikat. Sekarang saya kembali, saya dapat dengan jujur ​​mengatakan itu adalah salah satu yang paling menarik dari bulan saya di Indonesia.
Share This :
Invonesiaku

Berkelana. Menulis. Nonton Film India.

0 Comments