BLANTERWISDOM101

Mau Ke Bali? Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Kamis, 28 Maret 2019
Sumber foto : http://campatour.com

Indonesia pada awal abad pertama. Ada dua teori utama untuk kedatangan Hindu. Keyakinan pertama adalah bahwa para pedagang laut India Selatan membawa serta agama Hindu. Yang kedua menggambarkan bagaimana bangsawan Indonesia pertama kali memeluk agama dan budaya India, dan segera setelah itu, massa mengikuti jejak mereka.

TARIAN BALI
Bali telah dikenal meninggalkan mulut ternganga dengan tariannya yang dramatis. Tarian rumit ini mengungkapkan kisah drama menggunakan seluruh tubuh. Orang Bali menyukai perpaduan antara kesungguhan dan tamparan dan tarian mereka mengungkapkan hal ini; seperti sebuah pertunjukan vaudeville, para penonton bersorak pada orang-orang baik dan ngeri pada orang-orang jahat. Penari mempelajari kerajinan pada usia dini. Sementara para calon penari diajarkan untuk menari dengan tangan mereka sebelum mereka bisa berjalan, pelatihan resmi dimulai sejak usia tujuh tahun.

Tarian Bali tidak dapat dipisahkan dari agama. Berdasarkan fungsi keagamaan mereka, tarian tradisional Bali dapat dibagi menjadi tiga kategori:

Tarian Wali
Wali berarti "suci," tetapi arti harfiah kata itu adalah bantén, atau persembahan. Ini merujuk pada hubungan langsung dengan para dewa, dan bukan hanya bentuk hiburan bagi orang Bali, tetapi juga pertukaran energi secara formal. Tarian ini dianggap sakral dan harus dilakukan di pelataran dalam kuil.

Bebali Tarian
Tarian Bebali, biasanya dilakukan di pelataran tengah sebuah kuil, terdiri dari pertunjukan seremonial. Mereka jatuh di tengah sakral dan sekuler. Tarian ini dianggap lebih sebagai hiburan bagi para dewa daripada sebagai sarana kontak langsung.

Balih-balihan (Untuk menonton) Tarian
Tarian ini sering dianggap sekuler dan dilakukan semata-mata untuk hiburan orang. Mereka dilakukan di pelataran luar atau bahkan di luar kuil.

PENCAK SILAT (ART MARTIAL)
Pencak silat adalah istilah umum untuk kelas seni bela diri asli yang berasal dari Indonesia. Pencak silat digunakan oleh pejuang kemerdekaan Indonesia selama perjuangan mereka melawan penjajah Belanda. Sayangnya setelah Indonesia merdeka, silat menjadi kurang populer di kalangan anak muda Indonesia dibandingkan dengan seni bela diri asing seperti karate dan taekwondo.

Pencak silat dipraktikkan tidak hanya untuk pertahanan fisik, tetapi juga untuk pencapaian tujuan psikologis yang lebih tinggi. Selain menggunakan persenjataan, itu adalah bentuk pertempuran seluruh tubuh yang menggabungkan serangan. Setiap bagian dari tubuh dapat diserang dan digunakan untuk menyerang. Selain pencak silat yang terkait dengan budaya tradisional, beberapa daerah budaya telah mengembangkan gayanya sendiri. Tradisi pencak silat yang paling terkenal adalah Minang Silek, yang dipraktikkan oleh orang Minangkabau di Sumatra Barat. Bakti Negara adalah gaya pencak silat dari Bali.

BAHASA
Meskipun Bahasa Bali adalah bahasa lokal yang digunakan di Bali, Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling umum digunakan di sekitar kawasan wisata.


WAYANG BALI
Penampilan Wayang, atau Bali wayang kulit, mungkin adalah pertunjukan paling terkenal di teater Bali. Dalam sebuah pertunjukan wayang, figur-figur cut-out yang datar di siluet dengan layar kertas beras yang tembus cahaya, diterangi oleh lampu sekam kelapa. Diiringi oleh orkestra gamelan (musik ansambel tradisional) dan nyanyian atau nyanyian sesekali, pertunjukan menghibur ini dimulai ratusan tahun yang lalu, memanfaatkan mitologi agama atau kisah-kisah Bali terkenal yang dicampur dengan fakta-fakta sejarah. Seluruh pertunjukan ini dikelola hanya dengan satu dalang yang sangat ahli, atau dalang.

KEBIJAKAN INDONESIA
Ada beberapa aturan etiket sederhana yang dapat diterapkan yang akan menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya lokal. Anda juga dapat melihat panduan Anda untuk bantuan di sepanjang jalan.

Mengekspresikan Kemarahan
Amarah langsung harus dihindari di Indonesia. Orang Indonesia kehilangan rasa hormat terhadap orang yang tidak mengendalikan diri. Jika karena alasan apa pun Anda merasa diperlakukan salah, cobalah untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang ramah. Langkah pertama adalah mengekspresikan ketidakpuasan Anda dengan sopan. Biasanya host Anda akan berusaha untuk mengakomodasi permintaan Anda. Jika strategi ini gagal, hal terbaik berikutnya adalah meminta panduan Anda untuk menangani masalah ini. Ingat juga bahwa berbicara bahasa Inggris belum merupakan praktik yang meluas. Banyak staf di hotel memiliki lingkup pemahaman yang agak terbatas. Agar tidak kehilangan muka, mereka akan mengatakan 'ya' untuk apa pun yang Anda minta meskipun mereka mungkin tidak mengerti sepatah kata pun. Bicaralah perlahan menggunakan struktur sederhana dan pastikan mereka mengerti apa yang Anda inginkan. Secara umum, karyawan di bagian penerima tamu adalah yang paling fasih berbahasa Inggris, dan Anda selalu dapat meminta bantuan mereka.

Kontak personal
Agama adalah jiwa Indonesia; kehidupan berputar di sekitar upacara keagamaan dan kuil, terutama di Bali. Anda akan melihat perubahan drastis pada pakaian dan adat istiadat antara Bali dan Jawa; orang memiliki pendekatan campuran Hindu / Budha untuk kehidupan di mana di Lombok dan khususnya Jawa, Islam lebih dominan. Wanita Muslim tidak seharusnya berbicara atau terlihat di hadapan pria asing. Anda juga harus menahan diri dari gerakan seperti meletakkan tangan di pundak seseorang dan terutama kepala atau menggamitnya, jika orang tersebut lawan jenis. Ikat kepala sedikit untuk mengungkapkan rasa terima kasih adalah sentuhan yang bagus. Anda akan melihat bahwa ada sangat sedikit kontak fisik antara pria dan wanita di depan umum, bahkan ketika menikah. Namun, persahabatan di antara anggota dengan jenis kelamin yang sama diungkapkan secara bebas.

Share This :
Invonesiaku

Berkelana. Menulis. Nonton Film India.

0 Comments